Pemain Inti yang Hengkang dari Barcelona

Pemain Inti yang Hengkang dari Barcelona – Masa depan bintang Barcelona Neymar sedang tidak menentu sesudah dikabarkan hendak meninggalkan klub pada musim panas. Ia menandatangani kontrak baru tidak lebih dari satu tahun yang lalu demi mendapatkan gaji tinggi yang dapat dilewati oleh Lionel Messi. Belakangan ini hadir kabar bahwa PSG siap menggondol Neymar dengan menebus klausul pelepasannya senilai 222 juta euro. Neymar pasti akan menjadi bintang utama di Paris, sebuah hal yang tidak dapat ia peroleh di Camp Nou selama ada Lionel Messi. Apabila transfer ini benar-benar terjadi maka akan menjadi hal yang paling menarik sebab Barcelona sering melepas bintang utamanya. Berikut ini pemain inti yang telah dilepas Barcelona dalam sejumlah tahun terakhir

Claudio Bravo – Kiper Chile ini meninggalkan Barcelona pada akhir bursa transfer musim panas tahun lalu. Setelah dalam bahaya oleh kehadiran Marc-Andre ter Stegen, Bravo menerima tawaran dari City. Bravo tergabung bersama kesebelasan asuhan Josep Guardiola dengan ongkos 18 juta euro. Bravo sebelumnya ialah starter reguler yang bermain untuk Barcelona selama mereka meraih gelar La Liga pada tahun 2015 dan 2016.

Dani Alves – Claudio Bravo bukanlah satu-satunya pemain inti Barcelona yang meninggalkan klub pada musim panas tahun lalu. Dani Alves merasakan nasib serupa setelah memperkuat Barca pada 2009. Alves hengkang ke Juventus secara cuma-cuma dan memenangkan seluruh gelar dalam negeri dan menjebol final Liga Champions pada musim kemarin. Namun, ia hanya dapat bertahan satu musim di sana sebelum bergabung dengan PSG.

Cesc Fabregas – Karir Cesc Fabregas di Barcelona tidak mempunyai akhir yang bahagia setelah berpulang di tahun 2011. Fabregas tidak jarang menghiasi bangku cadangan dan memiliki kendala untuk beradaptasi di lini tengah bareng Xavi dan Andres Iniesta. Namun, fleksibilitasnya cukup bermanfaat selama ditangani Gerardo Martino sebab sering dimainkan sebagai false nine. Meskipun begitu, Fabregas pada akhirnya angkat kaki Barcelona lalu bergabung dengan Chelsea sesudah ditebus dengan ongkos 33 juta euro.

Victor Valdes – Perpisahan pahit lainnya terjadi saat Victor Valdes meninggalkan Barcelona. Valdes pergi pada bulan Juni 2014 setelah memberitahukan bahwa ia tidak bakal memperpanjang kontraknya. Valdes hendak menguji dirinya di tempat, tapi keadaan tak berjalan dengan ekspektasinya. Cedera lutut serius yang didapatnya ketika melawan Celta Vigo membuatnya tidak berhasil bergabung dengan AS Monaco dan semenjak saat tersebut sepertinya karirnya telah berakhir.

Samuel Eto’o – Samuel Eto’o ialah salah satu striker terbaik Barcelona dan tetap bertahan pada 2008 ketika Josep Guardiola melepas bintang-bintang laksana Ronaldinho dan Deco. Namun, Eto’o akhirnya musti angkat kaki dari klub di musim panas selanjutnya dengan bergabung Inter Milan sebagai unsur dari transfer Zlatan Ibrahimovic ke Camp Nou. Dengan pertolongan striker Kamerun ini, kesebelasan Italia memenangkan Liga Champions pada tahun 2010.

Deco dan Ronaldinho – Deco dan Ronaldinho merupakan pemain tumpuan di Camp Nou ketika Blaugrana memenangkan Liga Champions di bawah Frank Rijkaard. Kedua pemain itu memainkan peran krusial di tim selama bertahun tahun. Pada musim panas 2008, Josep Guardiola secara mengejutkan memilih untuk melepas kedua pemain tersebut. Ronaldinho bergabung dengan Milan dan Deco hengkang ke Chelsea.

Luis Figo – Luis Figo ialah salah satu transfer yang sangat kontroversial dalam sejarah sepak bola ketika Luis Figo hengkang dari Barcelona untuk bergabung dengan Real Madrid di bawah proyek Galacticos Florentino Perez. Sejak saat tersebut Figo dibenci oleh fans Barcelona dan Joan Gaspart menyia-nyiakan duit penjualan pemain Portugal tersebut. Barcelona merekrut Marc Overmars, Emmanuel Petit dan Alfonso namun tak terdapat satu juga dari mereka yang berhasil di Camp Nou.

Leave a Reply

Your email address will not be published.