Asal-Usul Munculnya Olahraga Sepakbola di Dunia

Asal-usul sepakbola sudah secara resmi direkognisi oleh FIFA yakni berasal dari negara tirai bambu alias China masa Dinasti Han, yakni kira-kira abad 2 atau tiga sebelum masehi. Game sepakbola di zaman itu amat berbeda dengan sepakbola sekarang. Permainan yang mulanya disebut tsu chu itu adalah sebuah permainan dengan membawa bola kulit Lalu memasukkannya ke jaring. Kegiatan itu dilakukan rutin dalam format pelatihan fisik tentara Dan menjadi hiburan dalam rangka perayaan ulang tahun kaisar.

Bukan tenar di China saja, sepakbola pun sudah menjadi pangsa dari warga Jepang yang bilang kegiatan giring bola yang terbentuk dari kulit kijang ‘kemari’. Permainan semacam inipun dikenal di beberapa negara yakni Mesir Kuno, Romawi, Meksiko, Inggris, dan Amerika Tengah yang kian membuat bola dengan bahan karet. Sejarah bernilai itu bermula berlangsung di Inggris, saat Raja Edward II pernah melarang olahraga tadi dikarenakan maraknya tindakan kekerasan yang menjorok ke aksi brutal disebabkan tak memililki aturan jelas. Tapi tahun 1369, Raja Edward III mencabut larangan ini & kembali mengizikan game sepakbola tapi perlahan permainan itu kembali dilarang Ratu Elizabeth I tahun 1572. Tidak tanggung-tanggung, Ratu Elizabeth memberikan sanksi yakni penjara tuk rakyatnya yang nekat mengadopsi permainan sepakbola. Tapi pada akhirnya, tahun 1680, Raja Charles II lalu mencabut lagi larangan tersebut dan memberi perlindungan untuk semua yang memainkan sepakbola di Inggris.

Sejarah Sepakbola Dunia

Berkembangnya olahraga sepakbola di dunia makin menanjak dari era ke era, sepakbola kini telah dipraktekkan di dalam area kampus tersohor ialah Cambrigde, Amherst, dst tahun 1820. Peraturan didalam sepakbola tersebut mulai diperbincangkan tuk pertama kalinya tahun 1848 di Cambridge. Telah tercatat didalam beberapa peristiwa yang bernilai sebelum terbentuknya badan-badan penaung game sepakbola dunia, yakni diantaranya:
1863: Terbentuknya Asosiasi sepakbola Inggris (FA)
1885: Terjadinya pertandingan di luar Inggris, Kanada vs Amerika
1886: Rapat pertama membahas pendirian asosiasi sepakbola dunia
1888: Wasit sebagai pemegang kendali penuh dalam pertandingan, Mulai Diberlakukan Tendangan
1904: FIFA terbentuk. Spanyol, Belgia, Prancis, Belanda, Swiss & Swedia sebagai anggotanya

Lahirnya Federation Internationale de Football Association alias FIFA di tahun 1904 bertujuan memajukan sepakbola dunia. Slogan FIFA yakni ‘for the Game, for the World’, yang dasarnya sepakbola bakal jadi pemersatu seluruh bangsa setelah timbulnya perang dunia. FIFA berbasis di Swiss, yang adalah tempat dikerjakannya seluruh aktivitas FIFA semacam drawing Liga Champion. Tugas FIFA yaitu antara lain mempromosikan sepakbola, mengelola bursa transfer pemain antar klub, menobatkan titel pemain terbaik dunia, dan menerbitkan list Peringkat Dunia FIFA sebulan.

Sejarah sepakbola dunia kian menjalar dimana tahun 1908, sepakbola menjadi olahraga ajang Olimpiade & menggelar Kejuaraan Dunia atau piala tuk pertama kali di Uruguay yakni tahun 1930. Adalah kasus unik yang terlaksana diluar teknis sepakbola perlu digarisbawahi, dengan suksesnya BBC jadi televisi pertama yang menayangkan laga sepakbola tahun 1938 & pertama kalinya adanya fitur siaran ulang usai terjadi gol (1966). Ini merupakan bagian keberhasilan sepakbola yang berfungsi sebagai penghibur rakyat pada akhirnya jadi sebuah olahraga digemari di dunia. FIFA pribadi kini telah menaungi badan-badan asosiasi daerah dari sejumlah negara.

  • Union of European Football Associations (UEFA): Asosiasi sepakbola Eropa
  • The Confederation of North, Central American & Caribbean Association Football (CONCACAF): Asosiasi sepakbola Amerika Utara, Tengah dan Karibia
  • Confederacian Sudamericana de Futbol (CONMEBOL): Asosiasi sepakbola Amerika Selatan
  • The Asian Football Confederation ( AFC): Asosiasi sepakbola Asia
  • Confederation of African Football (CAF ): Asosiasi sepakbola Afrika
  • Oceania Football Confederation (OFC): Asosiasi sepakbola Oceania.

Leave a Reply

Your email address will not be published.